INI DIA MANFAAT DAN EFEK SAMPING JIKA BERLEBIHAN KONSUMSI WORTEL YANG MUNGKIN BELUM KITA KETAHUI



       Wortel (Daucus carota L.) adalah tanaman sayuran berakar pasak berdaging, berwarna jingga, kaya akan zat gula, vitamin dan garam mineralWortel (Daucus carota L.) bukan tanaman asli Indonesia, namun berasal dari negeri yang beriklim sub-tropis yaitu berasal dari Asia Timur Dekat dan Asia Tengah. Ditemukan tumbuh liar sekitar 6.500 tahun yang lalu.  Wortel  sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia dan populer sebagai sumber vit. A karena memiliki kadar karotena (provitamin A). Selain itu, wortel juga mengandung vit. B, vit. C, sedikit vit. G, serta zat-zat lain yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Karena itulah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi MAnfaat dan efek samping Wortel.

Berikut ini Manfaat dan Efek samping bila konsumsi wortel berlebihan:


Manfaat:

Membuat kulit tampak bercahaya
Kulit bersih sekaligus bersinar merupakan idaman setiap orang, khususnya wanita. Namun, untuk memiliki kulit seperti yang Anda idamkan, butuh perawatan ekstra dan rutin agar membuahkan hasil.
Lakukanlah perawatan dengan meramu atau membuat masker wajah dari wortel yang dipadu dengan madu. Jangan lupa bantu dengan konsumsi wortel, Anda bisa makan begitu saja atau dijadikan jus, keduanya sama-sama berkhasiat. Konsumsi wortel akan membantu mencerahkan kulit dari dalam. Alasannya karena wortel sarat akan vitamin C dan antioksidan yang mampu membantu Anda mendapatkan kulit bersinar.
Mampu melembabkan wajah
Wortel dapat digunakan sebagai pelembab alami.
Mau tahu bagaimana cara membuat masker wortel untuk melembabkan wajah? 

Bahan yang perlu disiapkan:
  • Parut sebuah wortel bersih, ambil sebanyak 2 sendok teh.
  • Madu murni dan susu krim satu sebanyak 1 sendok teh.
  • Minyak zaitun secukupnya, nanti hanya menggunakan beberapa tetes.

Proses pembuatan krim wajah:
  1. Letakkan parutan wortel ke dalam mangkuk kecil.
  2. Tambahkan semua bahan, kemudian lumatkan menggunakan satu tangan yang sudah dilapisi plastik steril.
Cara menggunakan:
  1. Basahi permukaan kulit wajah dengan air hangat, sedikit dipijat agar pori-pori terbuka. Keringkan sebentar dengan menepuk pakai tangan.
  2. Aplikasikan masker wortel yang sudah jadi secara merata, diamkan 10-15 menit.
  3. Bersihkan dengan cara memercikkan air dingin sedikit demi sedikit sembari dibersihkan masker yang menempel pada wajah.
  4. Keringkan dengan cara menepuk kedua tangan secara lembut.

Memberi efek penyembuhan luka
Wortel dapat mempercepat penyembuhan luka pada kulit. Ini dikarenakan sifat anti-inflamasi pada wortel mampu merevitalisasi sekaligus meratakan warna kulit. 
Caranya dengan memarut wortel mentah, kemudian tutupi luka dengan parutan wortel. Lakukan pengobatan ini dengan rutin agar Anda tau bahwa manfaat wortel untuk menyembuhkan luka benar-benar terbukti.

Mengatasi kulit kering
Kulit kering merupakan masalah klasik yang biasa dialami oleh kaum pria, namun tidak menutup kemungkinan kaum perempuan juga mengalaminya. Kekurangan kalium merupakan salah satu faktor pemicu kulit menjadi kering. 

Wortel bisa menyuplai kalium untuk kulit. Dengan suplai kalium yang cukup, maka kulit tubuh akan lembab dan kenyal. Jika Anda mengalami dehidrasi, jus wortel juga mampu menghidrasi tubuh dengan efektif.

Menyingkirkan noda pada wajah
Noda pada wajah bisa timbul diakibatkan oleh jerawat yang membekas atau sering pula disebut flek hitam. Problem kecantikan ini dapat disingkirkan dengan bantuan wortel yang secara efektif mampu membersihkan noda yang menempel pada kulit.
Caranya bisa dengan menerapkan bubur wortel pada wajah, lakukan secara rutin minimal tiga kali dalam seminggu.

Mengurangi rambut rontok
Wortel kaya akan vitamin A dan karotenoid yang menjadi suplai penyubur rambut. Dengan terdorongnya pertumbuhan rambut yang sehat, Anda akan terbebas dari masalah kerontokan rambut. Sirkulasi darah di sekitar kulit kepala ikut menjadi lancar karena semua vitamin yang terkandung dalam wortel bekerja sama memberi dampak menyehatkan bagi rambut.

Merangsang pertumbuhan rambut
Hormon akan mempengaruhi pertumbuhan rambut setiap orang. Namun, tidak semua orang mempunyai hormon yang secara sempurna mendorong pertumbuhan rambut yang stabil, jadi sebagian ada yang mengalami ketipisan rambut  bahkan kebotakan.

Wortel mampu merangsang pertumbuhan rambut dan membuat rambut jadi tebal sekaligus lebat. Sebabnya adalah kandungan vitamin A dan E pada sayuran menyehatkan ini dapat membantu meningkatkan produksi folikel rambut. Makanlah sayur atau jus wortel secara teratur agar rambut Anda menjadi sehat dan terbebas dari beragam masalah.

Menjaga kesehatan Paru-Paru


Efek Samping Berlebihan Makan Wortel

  • Diare 
  • Carotemia
  • Bahaya bagi perokok berat, yang dapat menimbulkan sel kanker

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "INI DIA MANFAAT DAN EFEK SAMPING JIKA BERLEBIHAN KONSUMSI WORTEL YANG MUNGKIN BELUM KITA KETAHUI"

Post a Comment