Tips Diet Sehat Alami



      Memiliki tubuh langsing dan berat badan ideal merupakan dambaan setiap orang terutama pada kaum wanita. Segala cara akan mereka coba demi mendapatkan tubuh langsing dan berat badan ideal. Memiliki tubuh yang gendut dan berat badan yang kurang maupun tidak ideal, tidak hanya mempengaruhi penampilan saja tapi juga berimbas pada kesehatan. Banyak sekali masalah kesehatan yang akan muncul dari timbunan lemak ditubuh jika terus dibiarkan.
Oleh karena itu, banyak cara yang bisa mereka lakukan, mulai dari yang kurang sehat hingga yang menyehatkan. Tak jarang ada wanita yang rela melakukan metode sedot lemak atau minum berbagai macam obat-obat pelangsing demi mendapatkan tubuh langsing dan ideal.

Hal tersebut dilakukan karena bisa menghilangkan lemak ditubuh secara cepat. Tanpa menunggu waktu yang lama mereka akan mendapatkan tubuh yang diinginkan. Apalagi jika wanita tersebut memiliki riwayat obesitas.
Walaupun diet dengan cara tersebut mampu menurunkan berat badan dalam waktu singkat namun memiliki segudang bahaya yang dapat mengganggu kesehatanmu.
Sejumlah bahaya seperti gangguan kesehatan bahkan dapat menyebabkan kematian. Oleh karena itu sebaiknya pilihlah diet alami yang sehat dan tidak memiliki efek samping apapun. 
Untuk menurunkan berat badan secara optimal, sebaiknya lakukan kombinasi  pengaturan komposisi dan porsi makanan serta berolahraga. Jika berolahraga tidak memungkinkan, maka harus memfokuskan pada pengaturan komposisi dan porsi makanan..
Prinsip utama pengaturan makanan ialah:
1. Kurangi makanan atau minuman dengan kadar gulatinggi
Makanan dalam golongan ini menstimulasi pengeluaran hormon insulin yang berperan dalam penyimpanan lemak. Jika kadar insulin rendah, lemak-lemak yang tersimpan dalam tubuh akan dikeluarkan untuk dibakar. Mengurangi makanan yang tinggi karbohidrat akan menurunkan kadar insulin, menekan nafsu makan, dan menurunkan berat badan tanpa Anda merasa lapar.
Contoh nya karbohidrat yang sehat yaitu oatmeal, nasi merah, serta roti gandum.
2. Makanlah protein, lemak sehat, dan sayur. Contoh sumber protein yang baik adalah daging (sapi, ayam, kambing), ikan dan seafood (salmon, udang, tuna, dst), serta telur. Sayuran dapat dimakan sebanyak-banyaknya, seperti brokoli, kembang kol, bayam, kol, selada, dan timun. Sumber lemak sehat seperti minyak zaitun, minyak kelapa, alpukat, butter. Jangan takut untuk memakan lemak. Jika kadar lemak dalam makanan Anda terlalu rendah, Anda akan merasa lapar dan cenderung makan berlebihan.
Diet juga perlu dibarengi dengan olahraga agar terbentuk otot. Semakin tinggi massa otot, pembakaran kalori semakin besar sehingga tidak banyak yang ditumpuk sebagai lemak.
Berikut adalah 10 tips untuk menurunkan berat badan di samping berolahraga:
1. Sarapan tinggi protein untuk mengurangi craving dan asupan kalori selama sehari.
2. Hindari minuman bergula dan jus buah. Minuman-minuman ini cepat meningkatkan berat badan.
3. Minum air putih setengah jam sebelum makan. Sebuah studi memperlihatkan bahwa minum air 30 menit sebelum makan akan menurunkan berat badan sebanyak 44% dalam waktu 3 bulan.
4. Pilih makanan yang kurang meningkatkan berat badan. Contohnya: telur utuh, sayuran hijau, salmon, brokoli, kembang kol, kol, daging sapi tanpa lemak, dada ayam, kentang rebus, kacang merah, kacang hijau, lentil, keju, alpukat, oatmeal, nasi merah, buah-buahan, dan yoghurt.
5. Makan serat yang dapat larut seperti oatmel, kacang-kacangan, biji-bijian, dan apel.
6. Minum kopi atau teh. Kafein di dalamnya dapat meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh Anda. Tentunya gunakan sedikit gula.
7. Hindari makanan siapa saji/processed foods.
8. Makan dengan perlahan. Orang yang makan dengan cepat, lebih cepat mengalami peningkatan berat badan. Makan dengan perlahan membuat Anda merasa kenyang dan meningkatkan hormon yang menurunkan berat badan.
9. Gunakan piring yang lebih kecil. Penelitian menunjukkan bahwa secara otomatis, orang akan cenderung makan lebih sedikit jika menggunakan piring yang lebih kecil.
10. Miliki waktu tidur yang cukup setiap malam. Kurang tidur sangat berisiko meningkatkan berat badan.
Saran rata-rata penurunan berat badan yang normal adalah setengah kg per minggu atau 2 kg per bulan. Kami sarankan agar penurunan berat badan tidak terlalu cepat, agar tubuh tidak lemas. Tetapi bila Anda mampu, selama diet tidak membuat Anda lemas dan konsentrasi menurun, itu tidak menjadi masalah.
Mengenai pilihan makanan jus atau bentuk segarnya, akan lebih baik jika Anda mengkonsumsi dalam bentuk segar. Pengolahan dengan menghancurkannya atau dibuat jus akan melepaskan kandungan gulanya sehingga akan menambah kalori pada makanan atau minuman Anda.
Demikianlah yang dapat bahas mengenai diet sehat untuk menurunkan berat badan. Semoga bermanfaat.


Source: Klikdokter.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Diet Sehat Alami"

Post a Comment